Bingung dengan Investasi? Mulai aja dulu - fawaz.my.id
News Update
Loading...

7 Nov 2019

Bingung dengan Investasi? Mulai aja dulu

fawaz.my.id


Bingung dengan Investasi? Mulai aja dulu


Dewasa ini banyak orang yang ingin memiliki kehidupan yang makmun dan sejahtera di masa depan, namun banyak yang tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

investasi merupakan salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan seseorang untuk bisa meningkatkan kekayaan mereka selain bekerja, berdagang, ataupun kegiatan lainnya.

Investasi adalah cara yang paling tepat untuk menjamin masa depan dan melindungi nilai uang kita dari inflasi.

Dengan berinvestasi di waktu dan instrumen yang tepat, dapat meningkatkan kekayaan harta kita dalam waktu tertentu, tergantung pada bagaimana kita mengolah investasi ini.

Pada dasarnya, investasi bukan sekedar menampakan modal, tetapi juga salah satu cara menyimpan dana supaya tidak tergerus oleh inflasi.

sudah banyak sekali instrumen investasi yang tersedia seperti tanah, emas, pasa modal, dan sebagainya, hanya tinggal passion kita sebagai investor mau bergerak di jenis investasi yang mana.

Namun terkadang ada orang yang masih belum percaya ataupun takut dengan pernyataan bahwa investasi dapat meningkatkan kekayaan kita, padahal banyak sekali para miliarder yang bertambah kaya ketika terjun di dunia in­ vestasi, seperti Warren Buffet dan Bill Gates.

Tentunya kita pasti punya target dan tujuan dalam hidup. Menentukan tujuan dan target merupakan sebuah kunci sukses untuk memulainya, terutama bagi anda yang mempunyai banyak target dalam hidup, seperti mempunyai rumah luas plus kolam renangnya, bisa membeli mobil sport mewah pada saat umur sekian, atau punya tabungan di rekening sekitar 12 digit pada umur muda.

Nah dalam mencapai target-target itu kita pasti akan mencari berbagai macam cara untuk bisa menggapai target itu, termasuk salah satunya dengan melakukan investasi.

Lalu kapan sebaiknya kita harus mulai berinvestasi untuk mencapai target uang sudah kita buat? Jawabannya adalah sekarang!

mau nunggu apalagi? ingatlah bahwa semakin dini kita mulai berinvestasi, maka akan semakin cepat target-target dalam hidup kita tercapai.

Sudah banyak orang yang bertanya dan bercerita, ketika mereka muda kebanyakan dari mereka hanya bekerja saja, tetapi pada saat mereka pensiun atau tidak bisa lagi bekerja, mereka mengalami penurunan pendapatan.

Bayangkan jika saat bekerja kita masih sering makan di restoran mewah, tapi ketika pensiun nanti kita tidak bisa seperti itu karena kondisi keuangan kita yang sudah berbeda. Rasanya tidak enak bukan?! Nah investasi adalah solusinya.

Apakah kita masih ragu untuk melakukan investasi? Atau masih belum tahu kapan kita berinvestasi? Ini ada sebuah kisah yang mungkin saja bisa menginspirasi.

Dulu ada se­orang pemuda bernama Fata berusia 30 tahun dan sudah berkeluarga, istrinya seorang ibu rumah tangga.

Fatah be­kerja di perusahaan tambang batu bara yang bertempat di Kalimantan Timur, bisa dibilang gaji Fata ini mencapai 20­ 30 juta per bulannya, dengan gaji sebesar itu dia berpikir mampu untuk bertahan di masa tuanya.

Fata tidak melakukan yang namanya investasi seperti membeli tanah, rumah, emas ataupun instrumen lainnya.

Dia merasa hanya dengan menabung saja sudah cukup un­tuk jaminan masa tuanya kelak ataupun ketika dia terkena PHK.

Seiring berjalannya waktu, ada seorang teman kantor Fata yang sudah mengenal dan menerapkan investasi dengan menyisihkan sebagian gajinya.

Fata disarankan untuk se­cepatnya melakukan investasi agar nanti tidak perlu memikir­ kan lagi masalah pensiun, tetapi Fata tidak memercayainya dengan keyakinan bahwa dia merasa tidak perlu melakukan yang namanya investasi, dia beranggapan bahwa berinvestasi membuang-buang uang dan waktunya, merepotkan dan sebagainya, tetapi tanpa disadari yang namanya sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui seperti batu bara suatu saat pasti akan habis. Akhrinya fatah terkena PHK.

Fatah mengalami depresi selain dia harus kehilangan pekerjaan yang dia banggakan, dia tidak mendapatkan pemasukan untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari, dia juga tidak mempunyai simpanan investasi seperti tanah, rumah, atau lainnya.

Akhirnya Fata mencoba melamar pekerjaan, dan akhirnya diterima di sebuah perusahaan namun peker­ jaannya sudah sangat berbeda dengan yang dulu, dengan gaji yang bisa dibilang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari­harinya.

Hal ini membuat Fata putus asa, kemudian dia mengingat perkataan temannya dahulu untuk melakukan investasi tetapi Fata tidak mengetahui sama sekali apa itu investasi.

Datanglah Fata ke sebuah seminar yang diadakan oleh Komunitas ISP (Investor Saham Pemula) yang diadakan di regional Balik­ papan.

Setelah mengikuti seminar itu, Fata baru mulai “me­ lek” investasi dan akhirnya memberanikan diri untuk mulai menyisihkan sebagian gajinya untuk diinvestasikan di salah satu instrumen pasar modal, yaitu saham.

Dari kisah di atas, kita mungkin bisa mengambil hikmahnya bahwa jangan pernah tertutup terhadap sesuatu yang asing atau baru di mata kita, hal­hal yang kita anggap baru, suatu saat bisa jadi berguna untuk kita. Investasi ternyata tidak ribet dan membuang waktu. Dengan berinvestasi maka aset kita bisa lebih produktif lagi, oleh karena itu mulailah untuk berinvestasi dari sekarang, tidak perlu menunggu nanti!

Intinya, jika kita hanya mengandalkan pendapatan saja, maka kita tidak akan punya waktu untuk mendapatkan mobil idaman. Jadi kapan Anda akan mulai berinvestasi? SEKARANG!

fawaz.my.id

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done